PENGARUH HEADLINE DAN TAGLINE TERHADAP BRAND AWARENESS PERUSAHAAN

Oleh Zahira Salsabilla | Lohjinawi.id

Nah – sobat Lohjinawi.id daripada bingung membedakan dua kata ini, mending simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut. Perbedaan tagline dan headline berserta contoh dan tips membuatnya. Selamat membaca and enjoy!

Wahai bro – sister marketing enthusiast, memang sih tagline dan headline memiliki pengucapan yang mirip. Tak heran jika masih banyak dari kita yang bingung membedakan dua istilah ini. Walaupun memiliki pengucapan yang hampir serupa, nyatanya dua istilah ini mengampu definisi dan fungsi yang jauh berbeda.

https://www.youtube.com/watch?v=NcGU_PeZwE0&list=PLcIHGGsb3Z_br4SkZTx20sZ9nPRDJ0USP - Lohjinawi.id

Definisi Tagline
Nih, menurut Feedough, tagline tuh deskripsi singkat yang gampang diinget, simpel, dan jelas buat ngomongin pesan dari suatu brand. Deskripsi singkat ini bisa bikin kepribadian brand dan nolongin posisiin brand. Sementara menurut Chron, tagline itu frase singkat yang jadi representasi super singkat dari suatu produk atau perusahaan. Kalo ditulis dengan keren, tagline bisa bikin emosi dan ide, terus nyambungin sama merek. Tagline juga bisa disebut slogan, straplines, atau endlines, guys! 🚀✨

Definisi Headline
Headline itu kayak judul utama di semua tulisan, mulai dari berita, iklan, artikel, kolom majalah, sampe tagar promo dan konten tulisan lainnya. Headline ditaro di awal atau cover tulisan biar bisa nangkep perhatian customer. Keterampilan buat bikin headline yang keren itu harus terus diasah sama copywriter atau penulis, karena headline itu pokoknya nyawa dari setiap karya tulis. Dengan pake headline yang menarik, bisa bikin kepingin banget baca dan penasaran buat customer yang mau datang. 📰💡

Manfaat Tagline dan Headline untuk Bisnis
Setelah kita ngeh apa itu tagline dan headline, sekarang waktunya tau manfaat dari dua istilah ini. Nih, keduanya punya manfaat yang beda banget, loh! Ayo, dengerin lebih lanjut! 🚀👂

1. Manfaat Tagline
Sebagai brand owner, tagline punya manfaat yang beragam, guys. Mulai dari nge-boost brand awareness sampe jadi pembeda dari kompetitor. Check this out:

– Menguatkan Identitas Brand
Manfaat pertama ini bikin identitas brand atau bisnis makin kuat. Tagline bisa bikin ketertarikan yang kuat secara emosional antara pemilik brand sama calon customer atau konsumen. Dengan tagline yang keren, orang langsung keingetan sama brand itu.
– Merepresentasikan Visi dan Misi Brand
Visi dan misi brand harus banget keliatan lewat tagline. Iya dong, karena visi dan misi bisa bentuk citra dari brand perusahaan. Jadi, kalo tagline dibuat dengan baik, bisa bikin kepercayaan antara brand dan calon customer ke depannya.
– Menjadi Pembeda dari Kompetitor
Pembeda ini jadi tujuan utama buat bikin tagline. Nge-highlight keunggulan dan bikin itu jadi nilai jual yang beda banget sama kompetitor yang punya produk serupa. 🚀🌟

2. Manfaat Headline
Selain tagline, headline juga punya manfaat besar buat jalanin promo brand, guys. Penasaran gak sih apa aja? Cek abis ini!

– Bikin Rasa Penasaran Biar Datangin Pelanggan
Kita bisa banget manfaatin rasa penasaran calon pelanggan atau klien di masa depan. Jadi, headline punya peran krusial buat bikin penasaran yang tinggi. Fungsinya banget deh buat ngejebak perhatian target yang penting banget.
– Nge-Stimulasi Pelanggan/Client yang Bakal Datang
Fungsi penting lainnya dari headline ini adalah ngasih dorongan atau gagasan buat pelanggan atau klien yang bakal datang. Kayak yang udah dibahas tadi, headline itu inti utama dari tulisan. Jadi, penting banget buat ngebangun semangat atau rancangan buat pelanggan atau klien ke depannya.

Jadi, bener-bener penting nih buat kita sebagai pemilik brand mempertimbangkan dasar-dasar jurnalistik kalo mau mulai proses ini. Intinya dari berita harus bisa merambah ke hal-hal pokok yang mendasari. Mantap, kan?

Nah, sekian dari Episode Keempat dalam Brand Energizing Season 1, Jangan lupa like subscribe dan follow akun Lohjinawi.id melalui tautan link dibawah ini !

https://www.youtube.com/watch?v=NcGU_PeZwE0&list=PLcIHGGsb3Z_br4SkZTx20sZ9nPRDJ0USP&index=4&t=3s

Jadi, sudahkah Sobat Lohjinawi.id memilih tagline dan menyusun headline yang ideal untuk promo produkmu?Konsultasikan kepada kami! – Lohjinawi.id

Share the Post:

Related Posts

Psikologi Warna Dalam Pembuatan Logo

Pasti sering banget kan liat logo dari perusahaan besar sampe usaha kecil? Nah, kalian mungkin kepikiran, “Nih, warna logo-nya kenapa selalu cetar banget sih?” Ternyata, logo yang eye-catching dan memorable bisa ningkatin kesan kuat buat calon pelanggan loh!

Read More

Branding Iceberg

Branding seringkali salah dipahami dan stigma bahwa itu hanya tentang penampilan luarnya saja. Misalnya, logo, warna, tipografi, gaya, dll. Tapi sebenarnya nggak hanya itu lhoh. Ada banyak hal lain yang terlibat saat sobat Lohjinawi.id dalam merancang sebuah merek.

Read More

Business Consultant

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Mauris eget orci erat. Morbi at metus sed nunc venenatis pulvinar. Donec nec ligula vitae felis vulputate porttitor.

Design Services

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Mauris eget orci erat. Morbi at metus sed nunc venenatis pulvinar. Donec nec ligula vitae felis vulputate porttitor.

Branding Research

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Mauris eget orci erat. Morbi at metus sed nunc venenatis pulvinar. Donec nec ligula vitae felis vulputate porttitor.